AMD Ryzen 5 2400G dan AMD Ryzen 3 2200G, worth it ga yah?

Writen By: Putu Juli Artawan
Published In Tips dan Trik

Apa sih AMD Ryzen 5 2400G dan AMD Ryzen 3 2200G ?

AMD Ryzen 5 2400G dan AMD Ryzen 3 2200G adalah 2 APU baru jebolan terbaru AMD. APU(Accelerated Processing Units) dengan kata lain merupakan CPU yang dilengkapi fitur built-in graphic processor. Teman teman PC GAME BALI tau kan APU apa? 

APU bukanlah hal baru dikalangan teknologi komputer sekarang ini, bahkan semua CPU utama Intel  telah dilengkapi dengan grafis juga. Namun, ketika AMD pertama kali memperkenalkan CPU Ryzen, AMD melakukannya dengan menghilangkan grafis onboard.

Dengan demikian, jika teman teman PC GAME BALI tidak mempunyai kartu grafis yang pas untuk memainkan game game yang lumayan berat, pilihan terbaik adalah dengan menggunakan prosessor Ryzen terbaru. Dengan produk terbaru dari AMD 2400G dan 2200G, AMD memanjakan teman teman sekalian dengan menggabungkan teknologi CPU yang diintegrasikan dengan GPU terbaru AMD ke dalam chip prosessornya, sehingga memungkin pengguna untuk dapat memainkan game dengan rakitan computer yang tidak terlalu mahal, ekonomis dan berkualitas.

 

-          AMD Raven Ridge – 2400G vs 2200G

Kedua Ryzen 5 2400G dan Ryzen 3 2200G adalah family terbaru APU AMD yang diberikan dengan seri/kode nama Raven Ridge. Dengan penggabungan teknologi CPU yang di integrasikan dengan grafis VEGA, juga dengan peningkatan kinerja dari pendahulunya.

Secara khusus, chip ini mendukung Precision Boost 2. Precision Boost merupakan teknologi overclocking otomatis Ryzen yang meningkatkan kecepatan clock tergantung pada beban kerja CPU. Dalam generasi pertama Ryzen, dual-core boost frequency atau all-core boost frequency, namun untuk generasi terbaru Ryzen precision boost akan diatur sesuai dengan berapa banyak core prosessor yang sedang dijalankan.

Raven Ridge juga didukung RAM yang lebih cepat. Contoh ketika kita menjalankan RAM dengan kecepatan DDR4-2666, dengan dukungan yang disediakan chip Raven Ridge akan memaksimalkan ke DDR4-2933. Dapat dilihat dorongan bantuan pengoptimalan pemakaian RAM dengan menggunakan chip Raven Ridge.

Atau, 2400G dan 2200G menawarkan fitur yang sama dengan Ryzen sebelumnya, yaitu mengunakn mikroarsitektur zen yang baru, yang merupakan kunci bagaimana Ryzen dapat memberikan rivalitas kinerja yang sebanding dengan CPU utama Intel untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun belakangan ini. Mikroarsitektur yang sebelumnya digunakan, bulldozer tidak dapat bersaing dengan penggunaan mikroarsitektur Ryzen yang sekarang. Dapat dianalisa dari table dibawah.

Dan perlu di perhatikan juga bahwa AMD telah dapat mengejar kertinggalan mereka dengan Intel pada proses pembuatan chip. Sebelum AMD selalu tertinggal pada barisan transistor yang lebih kecil pada CPU, sehingga memberikan keuntungan kepada proses pembuatan chip Intel. Sekarag chip AMD dan chip Intel yang terbaru telah menggunakan proses 14nm.

Salah satu aspek yang menarik dari semua prosessor AMD Ryzen sejauh ini adalah Multiplier-unlocked, sehingga memudahkan kita pada proses overclock. Dan teknologi ini juga diterapkan pada CPU Raven Ridge. Namun ini bukan merupakan prioritas utama dari CPU jenis Raven Ridge, merupakan hal yang bagus untuk peningkatan kinerja yang akan ditawarkan pada jenis CPU ini.

Chip ini juga memiliki kecepatan dasar clock dan kecepatan maksimal boost clock. Kecepatan dasar chip  merupakan kecepatan default yang diberikan, sedangkan untuk kecepatan maksimal boost clock-nya merupakan kecepatan maksimum yang dapat dioptimalkan oleh satu core chip. Kecepatan real-world chipnya akan berada diantara angka- angka kecepatan tergantung pada beban kerja yang sedang dilakukan.

Tentu saja, penambahan fitur terbesar dari CPU ini merupakan integrasi dengan prosesor grafis, pada aspek ini, AMD benar benar dapat mengimbangi rival sesame pengembang CPU yaitu Intel. Yang mana prosesor grafis yang disediakan Intel pada chipnya kompatibel dengan semua penggunaan desktop dan hanya dapat memainkan beberapa permainan kecil dan cenderung terbatas. Dengan kehadiran grafis VEGA pada chip AMD, berharapa memberikan kinerja yang lebih baik dan benar benar menawarkan performa yang benar benar dapat memainkan permainan yang memerlukan tingkat grafis yang lebih tangguh. AMD memberikan pernyataan bahwa GPU pada chip terbarunya ini sekitar dua kali lipat lebih kuat dibandingkan dengan chip CPU pesaing mereka.

Sebaliknya, kerugian utama pada semua prosesor AMD Ryzen generasi pertama dan kedua yaitu kecepatan CPU clocknya tidak dapat mengimbangi dengan Intel. Kecepatan maksimal Ryzen hanya mampu sampai 4GHz, Raven Ridge dengan clock 3.5GHz-3.9GHz dibandingkan dengan kecepatan tercepat Intel yang mencapai 4.7GHz.

Sehingga apabila kita membuat perabanding antara produk terbaru AMD dan produk Intel, untuk Ryzen 5 2400G, pesaing terdekatnya adalah Intel Core i3 8350K, dengan kecepatan yang stabil di 4GHz, sedangkan Ryzen 5 2400G berjalan diantara 3.5Ghz-3.9Ghz. Dan chip Intel i3 8350k apabila di percepat pada dapat mencapai 5GHz.

Karena alasan inilah prosesor Intel core seri 8000 menjadi pesaingnya. Dari sisi penggunaan gaming prosesor Intel dengan kecepatan clock yang cepat merupakan pilihan terbaik, karena sebagian besar game masih mengandalkan kecepatan clock daripada kekuatan proses multy-core. Dengan demikian, sangat masuk akal jika prosesor disertai dengan penggunaan kartu grafis yang terpisah.

Namun, beda halnya dengan Raven Ridge, sebelum merencanakan untuk menggunakan kartu grafis, ada baiknya untuk mempertimbangkan penggunaan prosessor Raven Ridge dengan fitu integrase grafis VEGA.

 

          Is it worth? AMD Ryzen 5 2400G dan AMD Ryzen 3 2200G?

Prosesor AMD Ryzen 5 2400G dan AMD Ryzen 3 2200G merupakan pilihan ideal untuk beberapa segmen khusus dari pasar/rakitan PC. Jika kita mencari PC yang benar benar murah, dan mendapatkan kinerja grafis yang cukup untuk bermain game, maka pilihan terbaik adalah dengan menggunakan CPU ini, dengan budget yang pas.

Dengan menggunakan chip ini, kita dapat mendapatkan kinerja CPU seperti apa yang kita inginkan tanpa harus mengeluarkan uang terlalu banyak, didukung dengan GPU yang cukup kuat untuk permainan game. Seogianya kita masih memerlukan tambahan komponen kartu grafis untuk game game terbaru, namun dengan penggunaan prosessor AMD Ryzen 5 2400G dan AMD Ryzen 3 2200G kita dapat menikmati permainan yang kita inginkan tanpa harus penggunaan kartu grafis yang terpisah. Yang paling penting adalah kita dapat mendapatkan kinerja grafis tanpa harus mengorbankan atau mengganggu kinerja CPU lainnya.

Namun apabila kita memiliki budget yang cukup untuk pembelian kartu grafis yang terpisah, akan memerlukan seri kartu grafis yang lebih tinggi daripada prosesor grafis VEGA, sehingga tidak terjadi penurunan kinerja pada prosesor grafis yang dijalankan dalam proses penggunaannya. Dan sangat masuk akal kalau kita lebih memilih salah satu prosesor Intel CPU seri 8000.

Jadi kesimpulan dari team PC GAME BALI adalah pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan pemakaian serta budget yang kita miliki, sehingga kita tidak dirugikan dalam pembelian maupun perakitan PC. Jadi sebelum kita membelinya, diharapkan untuk mengetahui tujuan pemakaian dan jumlah budget yang diperlukan. Untuk lebih mudahnya teman teman sering nongkrong di PC GAME BALI biar lebih update biar lebih terupdate infonya teman teman. Di tunggu ya kunjungannya di PC GAME BALI.

Leave a comment

3 Comments

  • Comment Link 2014-12-14 20:46:32 Posted Bybabyblankie

    Aenean eleifend laoreet congue. Vivamus adipiscing nisl ut dolor

  • Comment Link 2014-12-14 20:47:03 Posted Bycarla

    Cras neque metus, consequat et blandit et, luctus a nunc. Etiam gravida vehicula tellus, in imperdiet ligula

  • Comment Link 2018-05-09 16:06:13 Posted BySigit Purnomo

    Min, Baca di forum sebelah apa bener Ryzen sangat gila ama RAM ? apalagi speed ram sangat mempengaruhi kinerja dari prosesor ryzen itu sendiri, Salam PC Gamer Bali.

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.